Hyundai NEXO generasi mendatang.

Mobil fuel cell Hyundai NEXO generasi baru siap meluncur

Seoul (Otolovers) - Hyundai mengawali tahun ini dengan kesibukan mengujicoba kendaraan sell bahan bakar (fuel cell) Hyundai NEXO generasi baru, yang diklaim mampu menempuh jarak 609 km dalam sekali isi penuh bahan bakar.

SUV Hyundai NEXO dikenalkan pertama kali pada CES 2018 ini rencananya akan diluncurkan ke pasar bulan depan dimulai dari negara asal brand ini, Korea.

Hyundai NEXO, kata Hyundai dalam pernyataannya, merupakan unjung tombak brand ini untuk mempercepat pengembangan mobil rendah emisi guna memenuhi ambisinya untuk mengenalkan 38 model kendaraan ramah lingkungan di pasar global pada 2025.

Hyundai mengklaim NEXO generasi berikutnya ini menawarkan teknologi paling maju di pasaran dengan berbagai sistem bantuan pengendara dan powertrain terkuat pada segmennya.

Pabrikan ini telah memberikan kesempatan kepada pengunjung Kota PyeongChang untuk mencoba berkendara dengan NEXO dan disediakan lima unit untuk keperluan ini.

NEXO dibekali teknologi keamanan Driver State Warning (DSW) terbaru. Kamera dashboard akan memonitor ekspresi wajah pengemudi secara real-time. Sistem akan mengingatkan pengemudi ketika mendeteksi pengemudi mengalami kelelahan.

Ketika mendeteksi sopir kelelahan, sistem itu akan langsung mengirimkan peringatan lewat pesan pada layar dashboard atau isyarat audio. Sistem ini rencananya juga akan dipasangkan dengan jam tangan pintar untuk mengingatkan pengemudi melalui getaran.

NEXO all-new dicirikan oleh desain yang murni dan tenang yang menekankan siluetnya yang streamline dan atap mengambang (floating). Bentuknya yang murni direkayasa agar efisien, namun cantik, mencerminkan gaya sebuah SUV, kata Hyundai.

Bagian depan tampak lebar dan jelas dengan lampu siang hari LED. Lampu depan dihubungkan oleh garis tipis tipis yang terus menerus yang menggarisbawahi tata letak depan yang elegan dan horisontal.

Lampu kabut segitiga di bawah lampu depan menekankan karakter progresif mobil. Hyundai Cascading Grille yang khas telah diperlebar untuk meningkatkan asupan udara, membulatkan dampak visual yang kuat dari bagian depan.

NEXO adalah kendaraan Hyundai pertama dengan pegangan pintu flush terintegrasi. Pegangan khusus ini melengkapi desain bersih sisi mobil dan memperbaiki aliran udara. Driver dapat memilih penempatan pegangan pintu otomatis, baik untuk pintu pengemudi atau untuk keempat pintunya.

Mekanisme otomatis akan aktif setelah lima detik mobil di-start. Saat mobil melambat menjadi berkecepatan 3 km per jam, pegangan pintu akan keluar kembali secara otomatis.

Pada dashboardnya yang berwarna hitam, Hyundai menempatkan dua layar LCD besar berukuran 12,3 inci. Layar sebelah kirinya menunjukkan informasi mengenai kecepatan, tingkat bahan bakar dan efisiensi berkendara.

Sementara layar kanan punya fungsi berbeda, seperti untuk navigasi, konektivitas, dan hiburan.

Fungsi shift-by-wire NEXO memungkinkan integrasi konsol tengah terangkat, memungkinkan untuk menambah ruang esktra untuk penyimpanan barang-barang pribadi.

Tombol fisik mengoperasikan shift by wire, mengaktifkan mode drive dan mengubah pengaturan iklim; kenop kontrol fisik mengakses fungsi navigasi. Ada baki kecil untuk pengisian daya baterai perangkat secara nirkabel dan USB port.

Sistem tiga-tangki menyatu yang dikenalkan dalam mobil ini memungkinkan penggunaan ruang lebih baik. Selain itu, jarak sumbu roda ditingkatkan menjadi 150 mm dibandingkan dengan mobil fuel cell ix35.’

Hal ini menghasilkan ruang interior total terbaik dari kendaraan listrik sel bahan bakar saat ini dan menciptakan area barang yang rata penuh dengan kapasitas bagasi 839 liter.

Desain all-new NEXO dioptimalkan untuk mengurangi koefisien drag. Beberapa fitur aerodinamis secara diam-diam diintegrasikan kedepan, samping, dan belakang. Aerodinamika ditingkatkan dengan tirai udara pada fender depan, gagang pintu yang dapat ditarik. Koefisien drag keseluruhan serendah 0,329.

Aliran oksigen mesin dipenuhi oleh lubang besar kisi-kisi cascading di bagian depan dan intake udara kecil di bagian belakang mobil.

Kendaraan nol emisi ini ber-powertrain sel bahan bakar lebih ringan dan memiliki kemasan yang lebih baik. Ini mencapai output daya maksimum 120 kW (163 PS) dan torsi 395 Nm. NEXO berakselerasi 0-100 km/jam dalam 9,2 detik dan mencapai kecepatan terbaik kelas 179 km/jam.

Powertrain sel bahan bakar ramah lingkungan menawarkan tingkat peningkatan pemanfaatan hidrogen dan efisiensi komponen. Hal ini diklaim menghasilkan efisiensi sistem terbaik di dunia sebesar 60 persen.

NEXO memiliki jangkauan berkendara hingga 609 km dengan standar sertifikat Korea-lebih baik daripada sel bahan bakar atau mobil listrik lainnya. Rentang ini sebanding dengan mesin pembakaran internal dan memungkinkan pengemudi menempuh jarak jauh tanpa gugup tentang jangkauan.

Platform kendaraan yang baru dikembangkan ini mengintegrasikan tiga tangki identik dengan volume 52,2 liter hidrogen per tangki, Meski memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi, NEXO all-new hanya membutuhkan waktu lima menit untuk mengisi bahan bakar.

Sumber: Hyundai Motor


Editor: Ivan Setyanto

COPYRIGHT © Otolovers.com 2018